Sekilas Info

Ratusan Casis Tamtama TNI AD Demo di Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com - Ratusan calon siswa (casis) Tamtama TNI Angkatan Darat pengiriman Kodim 1502 Masohi tahun 2021 melakukan demo di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (5/11/2021).

Aksi ini dilakukan di pelataran parker kantor Gubernur Maluku sejak pukul 10.47 WIT.

Kedatangan ratusan casis Tamtama TNI AD ini guna menyampaikan kekesalan dan kekecewaan atas kuota penerimaan TNI yang tidak transparan sehingga kuota diperkecil dan dinilai ada diskriminasi dalam proses penerimaan tersebut.

"Dari Kodim Masohi yang tes itu ada 675 orang, yang jatuh di Patukhir Daerah 310 orang. Awalnya kami disampaikan bawah kuota Kodim Masohi yang mencakup 3 kabupaten yaitu Maluku Tengah, Seram Bagian Timur dan Seram Bagian Barat itu sebanyak 62 orang. Yang anehnya ketika sampai di giliran kita itu ternyata semua tidak ikut parade lagi, tiba-tiba parade hanya pengiriman Kodim Ambon. Itu pun dilakukan di Kodam. Kita yang dari Masohi hanya 3 orang yang langsung dinyatakan lulus. Ini yang membuat kita kecewa," tandas para casis tersebut ini.

Mereka menilai ada ketidakberesan dalam penerimaan anggota TNI Angkatan Darat ini karena sudah dua tahun terjadi hal ini. Sama halnya dengan seleksi Casis Bintara tahun 2021 yang telah diumumkan bulan lalu dengan kuota yang sama.

"Bapak Gubernur tolong kita. Kita ini orang miskin. Tolong  perjuangan hal iniKalau hanya 3 kuota kenapa tidak sampaikan sejak awal. Kami datang susah-susah," teriak mereka.

Tidak lama berorasi, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury yang baru saja menghadiri kegiatan di Kantor Gubernur Maluku langsung turun  menemui ratusan casis tamtama tersebut.

Dihadapan Ketua DPRD, mereka kembali mengulang aspirasi kekecewaan terhadap kuota penerimaan casis tamtama tersebut.

Menanggapi hal itu Wattimury mengatakan penentuan kuota adalah kewenangan TNI Angkatan Darat dalam hal ini Pangdam. Namun demikian DPRD akan menyampaikan aspirasi ini.

" Saya juga termasuk orang yang kaget dengan kuota ini. Kalau hitung rata-rata tiga maka tidak satu persen lagi. Oleh karena itu masukan adik adik akan kita bicarakan dengan pihak terkait,” katanya

Ia mengatakan, DPRD Maluku terhitung Senin (8/11/2021) akan ke Jakarta menyampaikan aspirasi publik sehingga masalah ini juga akan disampaikan ke pimpinan TNI Angkatan Darat.

Baca Juga: Casis Tamtama Demo, Ini Penjelasan Kodam Pattimura

Usai mendengar penjelasan Wattimury, ratusan casis tamtama tersebut menyampaikan terima kasih dan membubarkan diri dengan tertib. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!