Sekilas Info

Menko Polhukam & Mendagri Bakal Sambangi MBD

AMBON, MalukuTerkini.com - Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bakal menyambangi Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Kedua menteri ini akan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Pulau Meatimiarang di Kabupaten Maluku Barat Daya pada 30-31 Mei 2023 dalam rangka pelaksanaan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2023.

Dalam kesiapan itu, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar rapat  di Kantor Gubernur Maluku, Pada Selasa, (2/5/2023).

Rapat tersebut dipimpin oleh Asisten I Setda Maluku Mustafa Sangadji, yang dihadiri oleh Kepala Badan Perbatasan Provinsi Maluku Raden Affandy Hasanussi, Pimpinan OPD Terkait di jajaran Pemprov Maluku dan Kabupaten Maluku Barat Daya, serta pimpinan instansi vertikal.

Dalam kesempatan itu Sangadji dalam arahannya mengatakan kegiatan ini merupakan hal penting dan strategis dalam rangka memperkuat koordinasi Kementerian Lembaga, Pemerintah Non Kementerian, serta Pemerintah Pusat dan Daerah dalam upaya melakukan percepatan pembangunan kawasan perbatasan negara khususnya di Provinsi Maluku.

Kepala Badan Perbatasan Provinsi Maluku Raden Affandy Hasanussi juga menjelaskan rapat ini merupakan rapat persiapan pelaksanaan Gerbangdutas tahun 2023 dan kunker ke PPKT Pulau Meatimiarang di Kabupaten MBD

“Kegiatan ini penyerahan bantuan bagi masyarakat di daerah perbatasan, Layanan Kesehatan Ibu dan Anak, Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil, serta kunjungan ke PPKT, “ jelansya.

Sebagaimana diketahui, 12 Lokasi Prioritas terdiri dari Kecamatan Moa Lakor, Kecamatan Mdona Hiera, Kecamatan Pulau-Pulau Babar, Kecamatan Wetar, Kecamatan PP Terselatan, Kecamatan Pulau Leti, Kecamatan Pulau Masela, Kecamatan Pulau Lakor, Kecamatan Wetar Utara, Kecamatan Wetar Barat, Kecamatan Wetar Timur serta Kecamatan Kisar Utara.

Selain itu da 6 PPKT berpenduduk terdapat di Pulau Masela di Kecamatan Babar Timur, Pulau Meatimiarang di kecamatan Mndona Hiera, Pulau Leti di Kecamatan Pulau Leti, Pulau Kisar di kecamatan Wonreli, Pulau Wetar di Kecamatan Wetar, Pulau Lirang di Kecamatan Wetar yang merupakan pelaksanaan Gerbangdutas.

Adapun isu strategis di Kabupaten MBD yaitu , Aksebilitas dan kesulitan geografis wilayah, Konektivitas antar wilayah yang belum optimal, belum maksimalnya pengembangan ekonomi dan ketahan pangan, belum maksimalnya pemberdayaan masyarakat desa, serta rendahnya inovasi dan kreaktivitas birokrasi. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!