Sekilas Info

Pemkot Ambon & Bank Maluku-Malut Teken Kerja Sama

AMBON, MalukuTerkini.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan PT Bank Maluku - Maluku Utara.

Penandatanganan kerjasama ini dalam rangka kartu kredit Indonesia (KKI) yang berlangsung di kantor Bank Maluku Malut, Kamis (18/1/2024).

Kepala BPKAD Kota Ambon Yopi Selanno mengatakan, penandatanganan kerja sama dilakukan merupakan tindaklanjut atas kerjasama dengan Bank Mandiri beberapa waktu lalu.

"Beberapa waktu lalu Pemkot Ambon sudah menandatangani kerja sama dengan Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang ditunjuk oleh pemerintah pusat melaksanakan  kegiatan Kartu Kredit Pemerintah  Daerah  (KKPD) dan kartu Kredit Indonesia  (KKI). Hari ini kita lanjut lagi dengan PT Bank Maluku-Malut. Tanjutnya kita masih menggunakan ada dua OPD yaitu BPKAD  dan Dinas pendapatan sebagai percontohan kita untuk melaksanakan kegiatan ini secara maksimal," kata Selanno.

Dijelaskan, nantinya Bank Indonesia akan meluncurkan pengggunaan KKPD untuk seluruh kabupaten/kota.

“Nantinya pada triwulan kedua 2024 seluruh OPD di Pemkot Ambon sudah menggunakan KKPD,” jelasnya.

Sementara itu, Dirut Kepatuhan PT Bank Maluku-Malut, Abidin  menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemkot Ambon sehingga  dapat mengimplementasikan KKI .

Menurutnya, sistem pembayaran di Indonesia berkembang sangat cepat dan semakin luas.

"Diluncurkannya  KKI merupakan momentum penting dalam mewujudkan elektronifikasi Pemkot Ambon yang dapat menolong keuangan pada sisi belanja lebih efisien dan efektif. KKI menjadi salah satu hal yang untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelola keuangan daerah melalui  penerapan penggunaan uang, persediaan secara non tunai dalam pelaksanaan belanja daerah, dimana hal ini sering menjadi kendala dalam mendukung transaksi belanja barang jasa modal dan uang perjalanan dinas,” ungkapya.

Pendatanganan perjanjian kerja sama hari ini, katanya, merupakan pintu untuk mengawali pola-pola kerja yang sistematis dalam melakukan pengelolaan potensi-potensi yang ada. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!