oleh

KLM Panji Saputra Hilang Kontak, Kodam Pattimura – SAR Koordinasi Pencarian

-Daerah-638 views

AMBON – Kodam XVI Pattimura kini terus berkoordinasi dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon serta pihak-pihak terkait guna melakukan pencarian terhadap Kapal Layar Motor (KLM) Panji Saputra yang hilang kontak dalam perjalanan dari Kota Ambon menuju Saumlaki – Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Moa – Kabupaten Maluku Barat Daya.

Kapal tersebut mengangkut 25 drum Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis avtur milik Kodam XVI Pattimura, yang dibawa untuk mendukung operasi helikopter di wilayah tersebut. Bahkan terdapat dua personel Perbekalan dan Angkutan (Bekang) Kodam XVI Pattimura yang turut berlayar bersama.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI Pattimura, Kolonel Inf Jansen Simanjuntak saat dikonfirmasi malukuterkini.com, Sabtu (18/1/2020) mengaku saat ini pihak Kodam belum bisa berbicara banyak karena masih berkoordinasi.

“Kodam sedang melakukan upaya pencarian terhadap keberadaan KLM Panji Saputra tersebut baik melalui SAR maupun memerintahkan pos-pos yang tersebar untuk melakukan monitoring,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin memastikan proses pencarian terhadap kapal tersebut mulai dilakukan besok, Minggu (19/1/2020).

Muslimin mengaku, proses pencarian akan dilakukan besok dengan menggunakan sejumlah armada baik laut maupun udara yang saat ini sedang dikoordinasikan.

“Kita masih koordinasi. Pencarian rencana besok pagi, dan kemungkinan juga akan melalui laut dan juga udara. Masih kita koordinasi. Rencananya dari laut kita gunakan KN. Nanti besok sudah mulai bergerak akan saya infokan,” ungkapnya.

Senbagaimana diketahui, KLM tersebut berangkat dari Ambon 7 Januari 2020 dan sesuai estimasi harusnya tiba di Saumlaki 11 Januari 2020, namun sampai saat ini belum juga tiba di Saumlaki dan tidak ada komunikasi lagi.

Kapal yang memiliki panjang 10 meter dan lebar 2 meter serta berwarna hijau mengangkut 6 orang yang terdiri dari 4 ABK dan 2 personel Bekang Kodam XVI Pattimura.

Tiga ABK diketahui bernama La Mufik, La Jau dan Ongki sementara satu lainnya belum kami peroleh namanya. Dua personel Bekang Kodam XVI Pattimura itu bernama Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun. (MT-04)

Komentar

News Feed