oleh

Wali Kota Ambon: Gempa Tak Terkait Pengeboran PLTP Tulehu

-Bencana-245 views

AMBON – Pengeboran sumur geothermal Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Negeri Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, tak ada kaitannya dengan terjadinya gempa bumi di Ambon selama ini.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat sosialisasi oleh pakar geothermal dan geologi ITB kepada tokoh masyarakat, tokoh agama dan perwakilan korban gempa Ambon dan sekitarnya yang berlangsung di Ambon, Selasa (28/1/2020).

Dikatakan, sesuai hasil diskusi dan penjelasan para pakar dan ahli dalam diskusi yang digagas oleh Pemerintah Kota Ambon dan PT  PLN bertempat di Kantor PLN Pusat – Jakarta, Rabu (15/1/2020) lalu, disimpulkan tidak ada ada kaitan antara gempa bumi dan pengeboran di PLTP Tulehu.

“Dari hasil diskusi itu dapat kita simpulkan sama sekali tidak ada kaitan antara proses pengeboran geothermal proyek PLTP yang ada di Tulehu dengan gempa yang terjadi. Sama sekali tidak ada korelasinya. Oleh karena itu, kita meminta para pakar untuk sosialisasi kepada masyarakat dalam wilayah Pemkot Ambon dan sekitarnya dari Maluku Tengah dan mungkin ada dari kabupaten Seram Bagian Barat, katanya.

Sosialisasi itu menghadirkan narasumber dari  akademisi ITB Suryantini serta pakar geologi David Sahara.

Wali Kota berharap, sosialisasi yang dilakukan bisa memberikan pemahaman kepada warga terkait proyek geothermal dan maupun gempa yang terjadi selama ini.

“Saya berharap masyarakat bisa mengikuti sosialisasi ini dengan baik, sehingga tidak mempercayai dengan berita-berita hoax yang beredar selama ini,” katanya. (MT-05)

Komentar

News Feed