Sekilas Info

Mutasi TNI, Ritiauw Jadi Danrem Binaiya, Sopamena Danrem Babullah

Kolonel Czi Arnold Aristoteles Ritiauw

AMBON - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto merotasi 329 perwira tinggi. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/385/IV/2020 tanggal 9 April 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Surat itu menetapkan mutasi dan promosi jabatan 329 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 282 Pati TNI Angkatan Darat, 14 Pati TNI Angkatan Laut dan 33 TNI Angkatan Udara.

"Mutasi jabatan di lingkungan TNI untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman melalui keterangan tertulis yang diterima malukuterkini.com, Sabtu (11/4/2020).

Diantara ratusan perwira yang dimutasi terdapat Kasdam XVI Pattimura, Kepala BIN Daerah Maluku, Komandan Korem 151/Binaiya, Komandan Korem 152/Babullah dan Inspektur Kodam (Irdam) XVI Pattimura.

Danrem 151/Binaiya akan dijabat Kolonel Czi Arnold Aristoteles Ritiauw yang saat ini Danrem 133/Nani Wartabone (Gorontalo) Kodam XIII/Merdeka. Sedangkan Kolonel Inf Chairussani Abbas Sopamena (Paban Sahli Bidang Kuminternas Pok Sahli Bidang Hukum Sahli Kasad) mendapat kepercayaan menjadi Danrem 152/Babullah - Kodam XVI/Pattimura.

Kolonel Czi Arnold Aristoteles Ritiauw

Kolonel Czi Arnold Aristoteles Ritiauw yang merupakan lulusan Akmil tahun 1991, tercatat  pernah menjabat Komandan Kodim 0609/Bandung, Kasrem 121/Alambhana Wanawwai, Kepala Infolata Kodam XVII/Cendrawasih, Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih dan Staf  Ahli  Pangdam  XVI/Pattimura Bidang Manajemen Sishanneg.

Saat berpangkat Letkol, Arnold Aristoteles Ritiauw pernah mengemban tugase sebagai menjadi Komandan Kontingen Garuda XX-G tahun 2010 dan menerima penghargaan dari PBB karena profesionalisme dan kepemimpinannya selama menjalankan misi perdamaian PBB di Kongo. Arnold dinilai memberikan inspirasi dan kepemimpinan yang professional, sebagai pimpinan pasukan kontingen negara yang mampu mendorong keberhasilan misi PBB dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Dungu.

Sementara Kolonel Inf Chairussani Abbas Sopamena sebelumnya pernah bertugas di Seskoad dan Kementerian Pertahanan.

Sebagaimana diketahui, sesuai Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia maka Komadan Korem (Danrem) dijabat perwita tinggi bintang satu. Otomatis Ritiauw dan Sopamena akan menyandang pangkat bintang satu.

Saat ini Danrem 151/Binaiya dijabat oleh Kolonel Inf Hartono sementara Danrem 152/Babullah adalah Kolonel Inf Endro Satoto.  (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!