Sekilas Info

Bocah Penderita Kanker Mata Itu Dijenguk Ketua TP-PKK Maluku

AMBON - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail menunjukkan kepeduliannya bagi anak-anak Maluku dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan pertolongan medis.

Kali ini, seorang bocah perempuan penderita kanker mata, mendapat sentuhan kasih dari istri Gubernur Maluku itu.

Wa Surti, bocah berusia 10 tahun, menderita kanker pada bola mata kanannya. Bocah asal Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat itu, kini terbaring tidak berdaya di kamar kos kerabatnya di Desa Rumah Tiga,  Kecamatan Teluk Ambon.

Widya mengunjungi Surti Kamis (26/11/2020) siang. Saat itu, kanker mata (retinoblastoma) yang diderita bayi malang ini sudah tergolong ganas.

Akibat sakit yang dideritanya, putri dari pasangan La Bulamba dan Wa Dima itu, bola matanya mulai mengalami pembesaran. Hanya tiga bulan saja, sel-sel kanker menyebabkan bola mata kanannya membesar dan memerah di seluruh mata kanan Surti yang baru duduk di kelas 1 sekolah dasar.

Yeni Amat, salah satu kerabat Surti mengatakan, awalnya, pada Januari 2020, Surti mengalami gejala awal berupa iritasi.

Lama kelamaan timbul benjolan disertai cairan, yang terus membesar dan merambah ke bagian kepala.

"Karena benjolan matanya semakin membesar, tiga bulan yang lalu, orang tua Surti lalu membawanya ke Ambon untuk berobat. Setelah melakukan pemeriksaan di salah satu rumah sakit di Ambon, Surti disarankan untuk di rujuk di rumah sakit di Jakarta atau Makassar, dikarenakan rumah sakit di daerah ini belum memiliki peralatan medis yang memadai," kata Yeni.

Namun, karena tidak mempunyai biaya untuk pengobatan, orang tuanya pun pasrah dengan kondisi Surti yang setiap harinya hanya bisa terbaring lemas.

"Sudah tiga hari ini, kondisinya sudah mulai menurun. Surti sudah mulai merasakan sakit di bagian mata, telinga dan kepala. Ia pun sudah tidak ingin makan. Setiap makan pasti muntah," kata Yeni.

Beruntung, informasi tentang kondisi Surti sampai di telinga Widya, melalui salah satu anggota DPRD Provinsi Maluku, Ayu Hasanussi.

"Tadi malam saya berkoordinasi dengan ibu Ike Pontoh (Kadis Kesehatan Provinsi Maluku) dengan dokter anak dan Kepala Biro Kesra pak Aji, agar saya bisa langsung melihat kondisi Surti. Alhamdulillah, hari ini saya bisa bertemu langsung dengan Surti dan kedua orang tuanya," ungkap Widya penuh haru.

Ia mengaku bersama Pemprov melalui Dinas Kesehatan akan membantu sehingga Surti bisa mendapat pengobatan dan penanganan medis yang layak.

Terkait kondisi Surti, Widya mengatakan, pihaknya akan segera merujuk bocah makang ini di Makassar untuk segera mendapat mengobatan.

"Alhamdulilah, dokter Ike (Kadis Kesehatan) dan dokter anak yang memeriksa Surti sudah melihat kondisinya. Seperti biasa, kita akan urus BPJS-nya beserta kelengkapan lainnya. Insha Allah setelah diurus administrasinya, akan segera kita rujuk ke Makassar dulu. Di sana nanti seperti apa, nanti kita lihat," jelasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!