Sekilas Info

Sejumlah Kapal & Pesawat Intensif Cari KLM Panji Saputra

AMBON – Tiga armada kapal milik Kodam Pattimura, Polda Maluku dan SAR maupun pesawat TNI Angkatan Laut dikerahkan untuk mencari Kapal Layar Motor (KLM) Panji Saputra.

Kapal tersebut hilang kontak dalam perjalanan dari Kota Ambon menuju Saumlaki – Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Moa – Kabupaten Maluku Barat Daya.

KM Panji Saputra mengangkut 25 drum Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis avtur milik Kodam XVI Pattimura.

Hal ini diungkapkan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI/Pattimura Kolonel Inf Jansen Simanjuntak kepada malukuterkini.com, Minggu (19/1/2020).

Armada laut yang digunakan dan sementara intensif melakukan pencarian masing-masing KN Abimanyu milik Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon, KP Tanjung Allang milik Direktorat Polairud Polda Maluku dan kapal milik Perbekalan dan Angkutan (Bekang) Kodam XVI Pattimura. Ditambah pesawat CN 235 milik TNI Angkatan Laut yang melakukan pencarian melalui udara.

"Personil gabungan kurang lebih 50 orang, sarana yang digunakan terdiri KN Abimanyu, KP Tanjung Allang milik Ditpolairud Polda Maluku, Kapal milik Bekang Kodam Pattimura ditambah pesawat jenis CN 235 milik TNI Angkatan Laut. Kita melibatkan jug  seluruh satuan yang melaksanakan monitoring dan penyisiran," jelasnya.

Dikatakan, saat ini satu unit helikopter milik TNI Angkatan Darat juga disiagakan untuk melakukan pencarian.

"Helikopter untuk komando atau jika Pak Pangdam bergerak. Helikopter sebagai komando pengendalian dari Pangdam sewaktu waktu bisa bergerak," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin mengaku saat ini pencarian masih dilakukan oleh tim gabungan tersebut.

"Tim masih melakukan pencarian laut dan udara, namun hingga kini keberadaan KLM Panji Saputra belum ditemukan," ujar Muslimin kepada malukuterkini.com, Minggu (19/1/2020).

Sebagaimana diketahui, kapal yang memiliki panjang 10 meter dan lebar 2 meter serta berwarna hijau mengangkut 6 orang yang terdiri dari 4 ABK dan 2 personel Perbekalan dan Angkutan (Bekang) Kodam XVI Pattimura.

Tiga ABK diketahui bernama La Mufik, La Jau dan Ongki sementara satu lainnya belum kami peroleh namanya. Dua personel Bekang Kodam XVI Pattimura itu bernama Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!