Sekilas Info

Wali Kota Ambon Teken Komitmen Penyelamatan Arsip

AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, menandatangani komitmen penyelamatan Arsip dan Dokumen Negara, yang berlangsung di Kantor Perpustakaan dan Kerasipan Kota Ambon, Kamis (2/9/2021).

Dalam sambutan, Louhenapessy mengatakan penandatangan komitmen ini atas obsesinya atas keinginan dinas untuk menata arsip dan bagimana mempersiapkan perpustakaan sebagai salah satu revedisi untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat.

Tak hanya itu, di tahun ini Kota Ambon mendapatkan satu kantor perpustakaan dari Pemerintah pusat.

"Ini alasan kenapa sampai saya mengambil inisiatif untuk ini. Arsip ini memiliki arti yang sangat amat penting baik dari aspek sejarahnya untuk kita belajar mengenai masa lalu tapi juga dari aspek yuridis dari segi pembuktian. Alasan lain juga, saya mendorong ini harus dilaksanakan,agar proses tukar guling benteng victoria bisa diselesaikan sebab saat ini kita masih terkendala arsip sehingga kita harus pelajarinya di Jakarta dan Belanda," katanya.

Pasalnya, tahun depan Pemkot Ambon mulai melakukan pembangunan kantor perspustakaan yang reresentatif, sehingga kantor lama akan dijadikan sebagai kantor arsip.

Ia berharap dengan penandatanganan komitmen ini dapat menjadi momentum Dinas Perpustakaan dan kearsipan sebagai lembaga kearsipan.

"Harapan saya penandatanganan komitmen hari ini, menjadi momentum dinas perpustakaan dan kearsipan sebagai lembaga kearsipan daerah untuk terus melakukan pembenahan terhadap pendataan, penataan dan pembinaan kearsipan dilingkup Pemkot Ambon," ungkapnya. (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga