Sekilas Info

25 ASN Ikuti Seleksi JPT Pratama Pemkot Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com - Sebanyak 25 Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengikuti seleksi untuk menempati 10 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, yang berlangsung di Ambon, Senin (5/2/2024).

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutannya yang disampaikan Asisten III Sekkot Ambon, Robby Sapulette mengatakan, Undang-undang nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara menghendaki  adanya kompetisi dalam mengisi jabatan eselonisasi.

“Hal ini juga diatur berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka Di Lingkungan Instansi Pemerintah,” katanya.

Olehnya, menurutnya, perlu dilakukan uji kompetensi atau asesmen bagi para kandidat yang akan mengisi jabatan-jabatan eselon II yang masih kosong.

"Pemkot Ambon untuk awal tahun 2024 ini akan melakukan asesmen atau seleksi terhadap 10 JPT Pratama yang masih kosong. Saya sangat yakin proses ini punya nilai-nilai yang sangat positif, karena dilakukan oleh panitia seleksi yang punya pengalaman dengan intelektual yang tinggi dipandu dengan asesor yang kapabel, kompetensi sehingga hasilnya tidak diragukan lagi," ungkapnya.

Dijelaskan, pelaksanaan seleksi ini bukan saja diikuti oleh para calon pejabat eselon II semata namun Pemkot Ambon membuka ruang untuk para pejabat administrator dapat berkompetensi untuk mengisi dan menduduki JPT bila memenuhi syarat administrasi, kompetensi bahkan tak kalah pentingnya mempunyai prestasi serta jujur dalam melaksanakan tugas.

"Hasil seleksi ini akan disampaikan kepada Komisi Aparatur Sipil  Negara (KASN) demi mendapatkan rekomendasinya, yang selanjutnya disampaikan ke badan kepegawaian negara untuk memberikan pertimbangan teknis yang akhirnya akan diterbitkan surat keputusan untuk pelantikan nanti," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, 10 jabatan di Pemkot Ambon yang akan diisi melalui mekanisme seleksi uji kompetensi JPT Pratama yaitu:

  1. Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik Sekretariat Kota Ambon. (Eselon IIB)
  2. Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Ambon. (Eselon IIB)
  3. Staf Ahli Walikota Bidang Politik, Hukum dan Aparatur Sekretariat Kota Ambon. (Eselon IIB)
  4. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Ambon. (Eselon IIB)
  5. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Ambon. (Eselon IIB)
  6. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon. (Eselon IIB)
  7. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Ambon. (Eselon IIB)
  8. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Ambon. (Eselon IIB)
  9. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon. (Eselon IIB)
  10. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ambon. (Eselon IIB)

(MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!